Friday, September 29, 2017

Cara membuat subdomain di cPanel

Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website kami, digunakan www.otamegakun.com dan untuk area pelanggan/anggota digunakan subdomain event.otamegakun.com. Dalam contoh tersebut, "event" adalah nama subdomain. Jadi sudah sedikit paham kan apa itu subdomain, ya kurang lebih seperti itu gan haha, oke sekarang kita coba cara membuatnya ya gan, disimak yuk :D

Tutorial cara membuat subdomain di cPanle dengan cepat !


1. Login cPanel

Pertama-tama agan harus login ke cPanel nya dulu ya gan. tempat loginnya ada di site.com/cpanel atau kadang juga ada di site.com:2083 tergantung websitenya sih gan, agan coba satu persatu aja ya.


2. Menuju subdomain

Jika agan sudah masuk ke cPanelnya agan coba cari subdomains, jika sudah ketemu agan klik subdomains nya itu ya, jangan cuma diliatin aja haha.


3. Buat subdomains

Oke gan tanpa basa basi sekarang kita langsung buat subdomainnya, disini saya buat nama subdomainnya event jangan lupa untuk tempat subdomainsnya(Document root)nya ada di publick_html/subdomain. Setelah sudah agan langsung klik saja Create.


4. Success

Kalau semua langkah sudah dilakukan dengan benar, sudah pasti tutorial ini akan berhasil gan, dan sukses membuat subdomainnya. Dan jika sudah, agan silahkan klik Go Back untuk kembali di menu subdomainnya. Dan jika agan ingin mengolahnya agan klik saja yang saya lingkari merah itu maka agan akan dialihkan ke online file managernya untuk segerah mengupload filenya.




Wah gan gimana gampang kan? hehehe. Berbicara dengan subdomain nih gan, beberapa minggu yang lalu subdomain dari website resmi KEMDIKUD sempat diretas oleh hacker usil nih gan, penasaran sama kasusnya? langsung lihat ajah sendiri gan Hacker Retas Subdomain KEMDIKUD

5 comments

Izin bookmark buat tugas minggu depan ttg bikin website gan,thanks yaa gan

Mudah ya gan bedanya sama addon domain apa ya?

Izin bookmark buat tugas minggu depan gan :D

Kalo kita ga punya hosting tapi cuma punya domain aja gimana gan ? apa bisa bikin subdomain ?

Jika berkenan silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar, meskipun itu hanya sekedar ucapan terima kasih
EmoticonEmoticon