Sunday, January 28, 2018

5 Cara Mempercepat Loading Blog Agar Fast Loading Dan Ringan [2018]


5 cara mempercepat loading blog agar fast loading. Hasil artikel ini saya dapatkan dari mana saja, berbagai sumber yang ada di internet, bertanya kepada beberapa ahli dan sedikit eksperimen. Jadi Artikel yang tertulis dibawah ini bukan hanya teori belaka, melainkan hasil dari praktek saya sendiri dan bisa dibuktikan sendiri kecepatan blog saya di Page speed insight dan GTmetrix.


Cara mempercepat loading blog


Agan bisa cek skor kecepatan blog saya versi page speed insight google dan GTmetrix. terlihat skor page speed insight blog saya ketika diakses melalui android adalah 99 dan versi desktop 87. Angka yang cukup untuk mendekati sempurna. Dan untuk GTmetrix sendiri adalah 92 skor yang cukup memuaskan bagi saya.


1. Kompres CSS


Cara pertama adalah mengkompres CSS. Karen CSS memiliki peran penting untuk mempercantik tampilan blog. Maka tidak menutup kemungkinan jika script CSS yang sangat banyak tersebut membuat loading blog kita lambat. Tenang saja cara ini tidak mempengaruhi tampilan blog sedikitpun, hanya saja jika ingin kembali mengedit tema tersebut akan sedikit lebih sulit karena script CSS yang menjadi tidak rapi setelah dikompres. Caranya kalian bisa lihat disini cara kompress CSS

2. Menghapus script bawaan blogger


Cara yang kedua ini mungkin sedikit beresiko untuk beberapa template gratisan, karena dapat merubah tampilan blog dan beberapa widget bawaan blogger tidak akan muncul dengan sempurna, tapi tenang saja kalian dapat mencari widget yang keren dari luar untuk menggantikan widget bawaan blogger yang lama. Dengan itu tampilan blog akan lebih keren dan tentunya fast loading. Caranya agan bisa lihat disini cara menghapus JavaScript yang menghalangi perenderan


3. Memang lazy load


Yang ketiga adalah memasang script lazy load. Agan pasti pernah mengunjungi blog atau situs web yang sangat lambat, padahal koneksi internet agan masih stabil. Pasti agan merasa resah dan ingin buru buru untuk menutup blog itu dan mencari informasi di blog lainnya. Hal ini pasti sangat tidak menguntungkan bagi para blogger atau publisher, dikarenakan akan mengurangi visitor maupun penghasilan. untuk mencegahnya agan perlu memasang script lazy load di blog. Sistem lazy load sendiri sangatlah sederhana, blog tidak akan meload gambar jika tidak dilihat oleh pengunjung, hal ini sangat menguntungkan bagi para reader maupun visitor, sehingga tidak akan memakan internet lebih banyak dan pembaca lebih nyaman untuk membaca tentunya. Hal ini juga menguntungkan bagi para blogger karena mendapatkan reader yang merasa nyaman. Cara memasangnya bisa lihat disini cara memasang script lazy load.

4. Mengkompres gambar


Untuk step ini saya sarankan menggunakan gambar berbasis vektor sebagai gambar pendukung. Karena jika memakai gambar bitmap objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar. Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah. Berbalik dengan vektor yang tidak akan pecah saat dicetak pada ukuran yang lebih rendah dan tidak akan mengurangi kualitas gambar tersebut.

5. menghapus script google plusone.js


Menghapus script bawaan yang menganggu perenderan //apis.google.com/js/plusone.js di blog tidaklah sulit, kemungkinan script ini juga akan membuat bounce rate Artikel sehingga blog tidak fast loading dan susah page one. Jadi untuk itu, sekarang kita akan belajar cara menghapus script google plusone.js dengan mudah. Caranya agan bisa lihat disini cara menghapus script google plusone.js 

Penutup


Itulah 5 cara jitu mempercepat loading blog agar super ringan dan fast loading. Jika ada cara yang lain, agan bisa berkomentar dibawah. Dan apabila ada kesalahan mohon dimaklumi karena saya sendiri juga masih dalam tahap belajar. Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Jika berkenan silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar, meskipun itu hanya sekedar ucapan terima kasih
EmoticonEmoticon